Sejak dahulu, Bogor sudah didesain menjadi pusat ilmu pengetahuan di Indonesia. Terbukti dari banyaknya institusi maupun lembaga penelitian yang bergerak dalam bidang ilmu pengetahuan seperti penelitian tanaman pangan, kebun raya, museum zoologi, hingga yang terbaru adalah Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia.

Setelah berdirinya Lands Plantentuin (Kebun Raya) di Bogor banyak didirikan institusi-institusi pendidikan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Paska Indonesia merdeka, Kota Bogor tidak sekedar sumber ilmu pengetahuan tetapi juga telah menghasilkan lebih banyak ahli di berbagai bidang yang berkaitan dengan sumber daya alam.

Bangunan ini dulunya adalah gedung Herbarium Bogoriense yang telah menjadi pusat penelitian dalam bidang Botani dan Biologi.

herbarium bogoriense tempo dulu
Herbarium Bogoriense berdiri sejak 1962, setelah itu didirikanlah Museum Etnobotani pada 18 Mei 1982 oleh Prof.Dr. B.J. Habibie. Tanggal peresmiannya bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kebun Raya Bogor yang ke 165.

Setelah Lembaga Ilmu Pengetahun Indonesia dipindahkan ke Pusat Penelitian Biologi di Cibinong Science center. Sejak itulah, gedung ini difungsikan menjadi Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia dan diresmikan pada 31 Agustus 2016.
Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia banyak menyimpan berbagai koleksi foto-foto Bogor tempo doeloe yang diambil sebelum maupun sesudah Indonesia merdeka, dan juga koleksi budaya, sejarah alam, dan keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia.

Lokasi MUNASAIN dalam peta

Jika berminat mengunjungi Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia ini, silakan datang ke alamat di bawah ini:

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia
Jl. Ir. H. Juanda 22 – 24,
Pusat Penelitian Biologi – LIPI,
Paledang, Bogor Tengah
Telp: (0251) 8387703

Leave a Reply