Pentingnya rehabilitasi bagi pengguna Napza - Bogor Heritage

Post Top Ad

Pentingnya rehabilitasi bagi pengguna Napza

Share This

Pentingnya rehabilitasi bagi pengguna Napza

Salah satu persoalan yang menjadi perhatian serius banyak pihak adalah penyalahgunaan narkoba. Seseorang atau individu yang sekali saja mengkonsumsi narkoba maka ia akan terus mencarinya karena efek ketagihan. Kondisi ini dapat memicu perilaku buruk jika keinginannya tidak tersampaikan. Itu sebab pentingnya rehabilitasi bagi pengguna Napza harus lebih disosialisasikan.


Masalah kesehatan bukan satu-satunya masalah yang dihadapi oleh pengguna narkoba, namun juga dampak sosial yang muncul akibat penyalahgunaan narkotika menjadi salah satu aspek yang tidak bisa disepelekan begitu saja.


Selain itu, persoalan yang kerap muncul adalah mantan pecandu narkoba yang tidak selalu bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya saat ia kembali ke masyarakat. Salah satu penyebab yang memengaruhi kondisi tersebut adalah ketidakmampuan stakeholder maupun masyarakat luas dalam memberikan pengawasan terhadap pecandu narkoba.


Mantan pecandu narkoba tidak bisa dikatakan telah benar-benar sembuh karena sensasi zat adiktif akan terus diingat oleh mereka, dan sewaktu-waktu bisa terjerumus kembali jika tidak dapat mengendalikan dirinya dengan baik.


Penyalahgunaan narkoba umumnya terjadi karena beberapa faktor yang saling mempengaruhi satu sama lainnya,mulai dari faktor ekonomi, kemudahan dalam mendapatkan obat-obatan terlarang, faktor keluarga dan masyarakat, juga faktor kepribadian.


Rehabilitasi Narkoba


Adapun tujuan Rehabilitasi Narkoba adalah bersifat sosial, yaitu agar pecandu narkoba dapat kembali melakukan fungsi sosialnya di dalam masyarakat. Rehabilitasi sosial ini bisa diselenggarakan oleh lembaga-lembaga dari pemerintahan maupun non-pemerintah salah satunya adalah Ashefa Griya Pusaka yang melayani permintaan rehabilitasi bagi pecandu narkoba dalam berbagai kondisi.


Program Rehabilitasi Narkoba adalah suatu kegitan atau proses untuk membantu para korban penyalahguna NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya) atau pecandu narkoba agar mencapai kemampuan fisik, psikologis dan sosial yang maksimal. Tujuan program rehabilitasi narkoba ini adalah agar para pecandu berhenti mengkonsumsi narkoba, juga membantu mengurangi dampak buruk, sehingga akan terbentuk gaya hidup baru dan mantan pecandu narkoba akan menjadi manusia yang produktif.


Ashefa Griya Pusaka mempunyai beberapa program rehabilitasi seperti rehabilitasi narkoba, rehabilitasi sosial, dan rehabilitasi medis. Selain itu, program-program dukungan lainnya yang dapat membantu penyembuhan pecandu narkoba adalah rawat aktivitas di luar ruangan yang dapat mendorong pasien untuk lebih memiliki pikiran yang positif yang dapat memicu kreatifitas, serta layanan rehabilitasi massage dan refleksiologi. 




No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages