Wisata Edukasi di Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia - Bogor Heritage

Post Top Ad

Wisata Edukasi di Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Share This
Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia



Sejak dahulu, Bogor sudah didesain menjadi pusat ilmu pengetahuan di Indonesia. Terbukti dari banyaknya institusi maupun lembaga penelitian yang bergerak dalam bidang ilmu pengetahuan seperti penelitian tanaman pangan, kebun raya, museum zoologi, hingga yang terbaru adalah Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia


Setelah berdirinya Lands Plantentuin (Kebun Raya) di Bogor banyak didirikan institusi-institusi pendidikan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Setelah kemerdekaan, Bogor tidak hanya menjadi kota ilmu pengetahuan saja melainkan juga telah menghasilkan banyak peneliti dan ahli di berbagai bidang sumber daya alam.


Sebelum digunakan menjadi Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (MUNASAIN), bangunan yang terletak di Jalan Juanda 22-23 ini dulunya adalah gedung Herbarium Bogoriense yang menjadi pusat penelitian di bidang Botani dan Biologi di bawah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

herbarium bogoriense tempo dulu



Herbarium Bogoriense mulai didirikan sejak tahun 1962. Pada tanggal 18 Mei 1982, didirikan Museum Etnobotani di gedung ini dengan diresmikan oleh Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie yang bertepatan waktunya dengan hari ulang tahun Kebun Raya bogor ke 165.


Setelah LIPI pindah ke Pusat Penelitian Biologi di Cibinong Science Center yang berada di Kabupaten Bogor, maka bangunan bekas Herbarium Bogoriense dan Museum Etnobotani ini digunakan menjadi Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia atau disingkat MUNASAIN.


Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia banyak menyimpan berbagai koleksi foto-foto Bogor tempo doeloe yang diambil sebelum maupun sesudah Indonesia merdeka. Selain itu, koleksi museum antara lain adalah informasi mengenai kebudayaan, sejarah alam, dan keanekaragaman hayati.


Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia diresmikan pada 31 Agustur 2016, dan sejak itu museum ini terus melakukan pengembangan dan kelengkapan sarana maupun prasarana untuk memberikan yang terbaik bagi para pengunjungnya.


Lokasi MUNASAIN dalam peta






Jika berminat mengunjungi Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia ini, silakan datang ke alamat di bawah ini:

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia
Jl. Ir. H. Juanda 22 - 24,
Pusat Penelitian Biologi – LIPI,
Paledang, Bogor Tengah
Telp: (0251) 8387703

 


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages