Motif Batik Bogor tidak terlepas dari budaya, kondisi alam, dan sejarahnya. Salah satu ciri khas batik Bogor yang cukup terkenal adalah motif kujang yang merupakan senjata khas Sunda yang sudah digunakan sejak masa kerajaan pakuan Pajajaran masih berdiri.

Motif batik Bogor lainnya adalah kijang yaitu hewan yang menjadi ikon Kota Bogor. Keberadaannya dapat dijumpai di halaman Istana Bogor dan sudah dipelihara ada sejak masa Letnan Gubernur Thomas Stamford Raffles (1811–1816) memimpin Hindia Belanda (sebutan Indonesia tempo dulu).

Dalam perkembangannya, batik Bogor memiliki beragam jenis motif yang disesuaikan dengan kondisi alam dan ciri khas satu tempat, misalnya motif awan mendung dan hujan sesuai dengan julukan Bogor sebagai kota hujan, juga motif teratai yang banyak ditemukan di  perairan yang ada di Istana dan Kebun Raya Bogor.

Batik merupakan warisan budaya bangsa yang umumnya berlukiskan gambar-gambar yang mempunyai makna tertentu dari para leluhur yang menganut animisme, dinamisme, dan agama. Jenis batik di Indonesia biasanya disesuaikan dengan nama daerahnya, misalnya batik Solo yang dibuat di Solo, juga batik Jogja, hingga batik Bogor yang ada di Jawa Barat.

Motif batik bogor terdiri dari tiga jenis yang paling populer, yaitu:

 

1. Batik Bogor motif kujang

  • Batik ini memiliki motif senjata tradisional Sunda yang dipopulerkan penggunaannya oleh Prabu Siliwanggi

2. Batik Bogor motif kujang kijang

  • Memadukan motif kujang dan kepala kijang yang menjadi icon di Istana Bogor.  Batik Bogor motif kujang kijang sangat populer dan banyak digunakan untuk berbagai acara.

3. Batik Bogor motif hujan gerimis

  • Motif hujan gerimis sesuai julukan Bogor sebagai kota hujan.

 

 

Itulah beberapa motif batik bogor yang banyak digunakan pada saat ini.

 

 

Leave a Reply