Asal Usul Tenjolaya - Bogor Heritage

Post Top Ad

Asal Usul Tenjolaya

Share This

Asal Usul Tenjolaya

Tenjolaya berada di bagian barat Kabupaten Bogor. Kawasan ini cukup menari karena banyak dipenuhi pemandangan yang sangat indah. Selain itu juga kaya akan peninggalan sejarah dan situs-situs purbakala. Berikut asal usul Tenjolaya menurut sejarahnya.


Menurut buku Toponimi Bogor karangan (Alm) Eman Sulaeman, Asal usul Tenjolaya terkait dengan kisah Layaperbata, putri Prabu Sinala Adji dari Rumpin. 


Konon Tenjolaya adalah nama tempat dimana Layaperbata melarikan diri setelah dirinya dipersunting oleh seorang raja yang culas. Di tempat inilah sang putri mendapatkan ketenangan batinnya. 


Tenjo adalah Basa Sunda yang berarti "lihat". Sedangkan "Laya" memiliki makna "Tempat untuk dilihat". Dengan kata lain keindahan pemandangan di Tenjolaya memang cukup menarik sehingga sangat layak untuk dilihat.


Versi asal usul Tenjolaya lainnya adalah adanya sebuah pohon tinggi menjulang di salah satu dusun yang ada di daerah ini. keberadaan pohon tersebut konon bisa dilihat dari seluruh penjuru mata angin dari kejauhan sehingga menarik orang-orang untuk mengucapkan "Tenjo" atau "Lihat" sambil menunjuk ke arah pohon besar tersebut. Lambat laun, daerah tempat berdirinya pohon itu dikenal dengan nama Tenjo atau dusun Tenjo. 


Terlepas dari asal usul tenjolaya yang tepat, daerah ini memang berada di kawasan yang sangat strategis.


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages