Gedung Karesidenan Bogor berada di pinggiran Jalan Raya yang dulu bernama Jalan Raya Pos atau Grootepost weg (kini Jalan Djuanda). Bangunan dengan dua lantai ini sudah berdiri sejak 1870. Letaknya tidak jauh dari Istana Bogor yang menandakan bagaimana pentingnya fungsi bangunan ini pada masa lalu.

Bangunan ini terdiri dari dua lantai, lantai pertama digunakan untuk kantor administrasi pemerintahan sedangkan lantai kedua dijadikan rumah tinggal untuk Asisten Residen yang mengurusi masalah tersebut.
Tidak seperti bangunan kolonial lain di kota Bogor yang dirancang oleh arsitek Belanda, Gedung karesidenan adalah hasil rancangan para insinyur sipil dari Departemen Pekerjaan Sipil Hindia Belanda atau Watersaat.
Desain bangunan ini dirancang dengan bentuk yang sederhana, namun formal dengan temboknya yang tebal-tebal. hasil rancangannya sangat dipengaruhi bangunan neo-klasik dengan adanya tiang-tiang penyangga dan jendela yang berbentuk setengah lingkaran.
Setelah tahun 1958, gedung Karesidenan difungsikan menjadi Kantor Pembantu Gubernur sampai tahun 1976. Pada saat ini, bangunan ini digunakan menjadi Kantor Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah I.

Leave a Reply