Sejarah SMP Negeri 1 Kota Bogor

Bangunan SMP Negeri 1 Kota Bogor yang terletak di Jl Juanda 16, Bogor tengah sudah berdiri sejak tahun 1918 dan menjadi salah satu bangunan cagar budaya peninggalan masa silam.

Di masa kolonial, gedung ini digunakan sebagai sekolah negeri MULO ( Meer Uitgebreid Lager Onderwijs) atau setara dengan jenjang pendidikan SMP (Sekolah Menengah Pertama).

Pelajar yang menempuh pendidikan di MULO umumnya lulusan HIS dan ELS. Masa pembelajaran berlangsung selama tiga tahun. Lulusan MULO akan melanjutkan pendidikannya di sekolah yang lebih tinggi yaitu AMS (Alegemeene Middelbare School) yang setara dengan SMA (Sekolah Menengah Atas).

Di masa peralihan pendudukan Jepang ke Belanda, bangunan ini sempat digunakan sebagai markas sementara untuk tentara Sekutu yang terdiri dari Inggris yang dibantu Gurkha.

Setelah berakhirnya kekuasaan Belanda di Indonesia, Pemerintahan Bogor menjadikan bangunan bekas MULO menjadi gedung SMP Negeri Bogor, yang kemudian berganti nama menjadi SMP Negeri 1 Kota Bogor, dan ditetapkan sebagai salah satu Bangunan Cagar Budaya sesuai dengan Undang-Undang No.5 Tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya.

Artikel Terkait

Menghitung angka di Batutulis

ariesmunandi

Naik Tandu dari Bogor ke Jakarta

ariesmunandi

Sempur riwayatmu dulu

ariesmunandi

Senjakala di Gunung Gadung

ariesmunandi

Kisah Masa Silam dari Gunung Putri

ariesmunandi

Sejarah di Kampung Budaya Sindang Barang

ariesmunandi

Leave a Comment