Sejarah Daerah Bondongan Bogor - Bogor Heritage

Post Top Ad

Sejarah Daerah Bondongan Bogor

Share This
Bondongan adalah nama sebuah daerah di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Nama Bondongan diambil dari bahasa Sunda yang berarti memanggul barang secara beriringan atau istilahnya “Ngaleut”. Pada jaman dulu, penduduk Bogor yang sebagian besar adalah petani akan membawa hasil buminya untuk dijual ke pasar.

Sejarah Daerah Bondongan Bogor

Pemberian nama Bondongan ada kaitannya dengan pemberian nama daerah lain yang ada di dekatnya seperti Empang, Lawang Saketeng, Kampung Gudang, dan Pasar Bogor yang menjadi tempat tujuan para petani untuk menjual hasil ladangnya. Mereka inilah yang kemudian berbondong-bondong melintasi kawasan yang kelak diberi nama Bondongan.


Dahulu jalan bondongan membentang dari depan alun-alun Empang sampai ke lawang Gintung. Namun seiring berjalannya waktu, jalan ini terbagi menjadi beberapa nama yang disesuaikan kondisi dan sejarahnya.


Lawang Gintung yang di masa kejayaan Kerajaan Pajajaran menjadi pintu gerbang untuk memasuki Istana Keraton Pakuan. Penyebutan lawang gintung sendiri karena di sepanjang jalan ini banyak ditumbuhi pohon gintung yang buahnya disebut buah gadog.


Jalan Batutulis yang terkenal karena di daerah ini ada ditemukan Prasasti Batutulis peninggalan Prabu Surawisesa, juga ada Jalan Pahlawan karena di dekatnya terdapat Taman Makam Pahlawan Dreded dan Makam Raden Saleh. Uniknya, meski jalannya terbagi menjadi beberapa nama, namun sebutan Jalan Bondongan masih tetap dipakai hingga kini.


Sekarang Jalan Bondongan berawal dari depan asrama polisi Bondongan dan berakhir di tanjakan Bondongan. Nah, daerah sekitar tanjakan ini juga pernah menjadi area pintu masuk ke keraton Pakuan Pajajaran, terlebih lagi dengan tebingnya yang curam akan menyulitkan musuh yang masuk dari arah alun alun Empang maupun Gunung Batu.


Di sekitar daerah Bondongan juga pernah dibangun parit pertahanan oleh Sri Baduga Maharaja yang bergelar Prabu Siliwangi. Dengan adanya tebing yang curam dan parit pertahanan ini, maka kerajaan Pakuan Pajajaran akan sulit ditembus oleh musuh.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages