Upacara adat Sunda terutama yang berkaitan dengan penyambutan tamu seperti hajatan pernikahan, pertemuan pejabat, hingga acara-acara besar lainnya sering menampilkan sosok Ki Lengser yang akan bertugas untuk menyambut tamu-tamu yang hadir. Siapakah sebenarnya Ki Lengser ini?

Pernikahan yang digelar dengan upacara adat sunda pasti tidak akan melewatkan prosesi mapag panganten. Dalam prosesi tersebut, sosok Ki Lengser akan hadir untuk menyambut rombongan pengantin pria. Tugas penyambutan ini tidak dilakukannya sendirian, tetapi Ki Lengser akan dibantu oleh pasangannya yang bernama Si Nini Lengser.

 

Ki Lengser adalah salah satu bentuk peninggalan budaya dan kesenian yang dimiliki oleh masyarakat di tatar Sunda. Keberadaann Ki Lengser akan terus lestari jika setiap upacara adat Sunda menampilkan sosok yang mampu menarik perhatian para tetamu undangan.

 

Siapakah sebenarnya sosok yang disebut sebagai Ki Lengser ini? penokohan Ki Lengser umumnya dikaitkan dengan fungsi kekuasaan. Menurut cerita, Ki Lengser ini adalah seorang yang merupakan kepanjangan titah sang Raja Sunda atau pengemban amanat sebagai utusan khusus atau wali dari Raja Sunda yang lengser (turun) untuk menemui rakyatnya.

 

Kedudukan tokoh ini sangat tinggi, bahkan berada di atas posisi Patih Kerajaan karena ia memiliki tugas khusus sebagai Wakil Raja. Selain menyampaikan amanat sang Raja, Ki Lengser juga memiliki peranan sebagai penasihat yaitu seorang pendamping yang dapat menentukan tindak-tanduk sang Raja. Keberadaan tokoh seperti Ki Lengser ini terdapat dalam berbagai naskah dan sastra klasik Sunda.

 

Walaupun memegang jabatan sebagai utusan dan wali Raja, namun Ki Lengser adalah sosok yang sederhana. Ia tetap beraktivitas seperti rakyat biasa dan tidak memiliki keinginan atau tuntutan maupun memanfaatkan fasilitas kerajaan. Laku lampah seperti ini mirip seperti tokoh Semar dalam dunia pewayangan.

 

Tugas dan amanat yang diemban oleh Ki Lengser di era kerajaan Sunda tentu berbeda dengan tugas Ki Lengser yang ada dalam upacara-upacara adat Sunda. Dalam upacara pernikahan, Ki Lengser hanya bertugas untuk menyambut dan mendampingi pengantin pria dalam prosesi mapag panganten.

 

Leave a Reply