Sejarah Gedung Pengadilan Bogor - Bogor Heritage

Post Top Ad

Asal Usul Gedung Pengadilan Bogor



Asal Usul Gedung Pengadilan Bogor – Gedung Pengadilan Bogor yang berdiri sejak tahun 1800an adalah salah satu bangunan pengadilan tertua yang ada di Indonesia. Sejak awal berdirinya, bangunan ini difungsikan sebagai tempat untuk memberikan keputusan hukum.

Di era kolonial, gedung pengadilan Bogor memiliki nama Landraad gebouw atau artinya Dewan negeri. Di sinilah tempat para pengadil memberikan keputuhan mengenai hukuman atau sangsi kepada pribumi / inlanders yang bermasalah dengan hukum saat itu, baik masalah pidana maupun perdata.


Jalan Pengadilan dahulu bernama Hospitaal weg atau Jalan Rumah Sakit, karena di ujung jalan ini terdapat sebuah rumah sakit tentara. Salah satu agenda persidangan yang pernah dilakukan di gedung Pengadilan ini adalah persidangan mengenai kasus perampokan disertai penembakan seorang priyayi yang terjadi di sekitar Ciomas. Laporan koran bertanggal 11 Januari 1825 menyebut seorang bernama ratal umur 40 tahun yang ditangkap karena kasus tersebut.

Dalam peta bertahun 1900-1920 ini dengan jelas menuliskan nama hospitaal weg yang kini berubah menjadi Jalan pengadilan. Bangunan-bangunan yang berwarna merah adalah bangunan yang memiliki fungsi sebagai fasilitas umum atau gedung-gedung penting, salah satunya adalah Landraad yang kini menjadi gedung Pengadilan Negeri Bogor.


Sejak tahun 2004, gedung pengadilan negeri yang ada di daerah-daerah di Indonesia yang awalnya berada di bawah naungan Departemen Kehakiman, kini berada di bawah Institusi Mahkamah Agung Republik Indonesia.




No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages