Perjalanan kereta di Stasiun Bogor

0 comments

Stasiun kereta api di Buitenzorg ( Bogor ) dibangun oleh Perusahaan Kereta Api Staatsspoorwegen milik Pemerintah Belanda pada tahun 1872 sebagai stasiun terakhir untuk jalur Batavia-Buitenzorg (Jakarta-Bogor) dan mulai dibuka pada 1873.

Pembukaan jalur ini untuk mempersingkat perjalanan Batavia-Buitenzorg dan sebaliknya yang saat itu masih menggunakan kereta kuda untuk melayani penumpang.
Semakin bertambahnya jumlah penumpang yang melakukan perjalanan ke Batavia serta sebaliknya, membuat pihak perusahaan berpikir untuk memperluas bangunan stasiun agar bisa menampung lebih banyak orang lagi.



Maka pada tahun 1881 dibangun stasiun baru. Stasiun yang bangunannya hingga kini masih berdiri kokoh. Salah satu ruangan di stasiun ini terdapat Prasasti yang didirikan pada 1881. Prasasti itu terbuat dari marmer sebagai persembahan karyawan sebagai ucapan selamat pagi terhadap D Marschalk yang memasuki masa pensiun atas jasanya mengembangkan perkeretaapian di Pulau Jawa. 

Stasiun Bogor th 1875




Stasiun Bogor tahun 1880
Jalan Nyi Raja Permas Tahun 1910

Delman yang menunggu penumpang didepan Stasiun Bogor tahun 1920

Kereta listrik mulai digunakan pada tahun 1925, dan sejak itu Perusahaan menggunakan Kereta Api dengan menggunakan Listrik.


Stasiun Bogor pada tahun 1948

Stasiun Bogor masa kini

Stasiun Bogor masa kini
Indahnya berbagi -> :

Post a Comment

 
Support : DUNIA KITA | DUNIA KITAe | Mas Template
Copyright © 2011. BOGOR HERITAGE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger