Latest News

Tempat wisata menarik di Bogor


Bogor memiliki banyak lokasi wisata populer yang banyak didatangi oleh turis-turis lokal maupun luar negeri, beberapa diantaranya bahkan sudah dikenal di seluruh dunia seperti kebun raya bogor dan museum zoologi bogor. 
Berikut ini adalah beberapa lokasi wisata yang bisa menjadi alternatif tujuan wisata anda selama berada di Bogor dan sekitarnya,




Air Panas Gunung Pancar
Taman Wisata Alam Gunung Pancar merupakan eko wisata alami dengan rangkaian hutan pinus yang sangat indah, dimana disana juga terdapat mata air panas alami. Area gunung yang masih asri akan banyak kita temukan di taman wisata alam Gunung Pancardengan fasilitas jalan yang sudah beraspal dan cukup baik kita tidak perlu mengkhawatirkan track yang akan kita lalui. Objek utama tentunya pada pemandian air panas Gunung Pancar yang merupakanmata air panas alami yang  dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit membuat Taman Wisata Alama Gunung Pancar ini patut dijadikan alternatif tempat wisata.


Air Panas Gunung Salak Endah
Suara gemuruh air, gemericik air pancuran, pemandangan alam membentang luas ditambah sejuknya udara menyelimuti kawasan Wisata Pemandian Air Panas Gunung Salak Endah. Ditambah tiga jenis air, air panas, air dingin dan satu lagi yang mungkin jarang atau bahkan belum pernah kita ketemukan air berasa soda, bisa anda temukan di areal ini.


Air Panas Tirta Sanita
Di sini kita bisa menyegarkan badan dengan mandi air panas belerang. Air panas ini bermanfaat untuk kesehatan, karena berguna untuk pengobatan berbagai macam penyakit, seperti penyakit kulit, tulang dan lain sebagainya. Sumber air panas Tirta Sanita ini telah diuji oleh Thai Engineering Materials Analysis C. Ltd (TEMAC), yang menyatakan bahwa air panas tersebut bermanfaat untuk kesehatan manusia, terutama untuk pengobatan berbagai macam penyakit kulit. Juga ada program outbound.


Curug Nangka
Curug Nangka adalah sebuah kawasan wisata air terjun yang terletak di Ciapus, Bogor, Jawa Barat yang masuk dalam naungan RPH Gunung Bunder, BKPH Bogor KPH Kabupaten Bogor.  Daya tarik utama Wana Wisata Curug Nangka adalah air terjun yang mempunyai 3 tahap, dengan masing-masing memiliki ketinggian antara 10-20 m.  Selain Curug Nangka di kawasan ini juga dapat ditemui dua buah curug lagi, yaitu Curug Kawung dan Curug Daun. Lokasi ketiga curug ini satu dengan yang lainnya berjarak sekitar 100 m dengan urutannya dari bawah adalah Curug Nangka, lalu Curug Daun dan terakhir adalah Curug Kawung.


Curug Cikaracak
Di samping panorama yang natural, Curug Cikaracak memiliki dua terjunan air yang masing-masing berketinggian 40 m dan 20 m dengan aliran air yang jernih dan deras.  
Curug ini masuk dalam bagian kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.





Curug Cihurang
Curug Cihurang masih terletak di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan berjarak sekitar kurang lebih 1 Km dari pintu gerbang Taman Nasional. di sini seperti taman bermain dan aman untuk anak-anak masih di bawah umur, karena di bawah curug di buat seperti kolam untuk berenang untuk fasilitasnya cukup memadai dimana terdapat taman bermain, saung untuk beristirahat, ruang ganti pakaian. Lokasi ini juga dapat di gunakan untuk berkemah.


Curug Seribu
Curug Seribu memiliki daya tarik tersendiri. Beberapa bagian perjalanan menuju lokasinya saja sudah menantang, berupa setapak yang curam dan licin. Dan tentu daya tarik utamanya ketinggian air terjunnya yang mencapai 100 meter dengan curahan air yang besar. Air tumpahannya cukup besar dan bening. Buih-buihnya berterbangan hingga menerpa wajah meskipun berada jauh dari tumpahannya. Air terjun ini kemudian mengalir mengikuti arah Sungai Cikuluwung. Bagi para pengunjung yang ingin menikmati air Curug Seribu ini harus menuruni jalan yang curam untuk mencapai dasar jurang.


Curug Cilember
Cilember merupakan sebuah desa yang terdapat di Cisarua, Puncak, Jawa Barat. Salah satu tujuan wisata dikawasan ini adalah Curug Cilember. Curug adalah bahasa Sunda dari air terjun. Di Curug Cilember, anda akan menghadapi tantangan untuk bisa mengunjungi tujuh buah air terjun yang ada di kawasan ini dengan medan yang semakin sulit.


Curug Ngumpet
Curug Ngumpet memiliki ketinggian lebih kurang 45 meter, dengan panorama alam yang indah dan asri. Untuk menuju ke obyek wisata ini, dapat ditempuh dengan jarak lebih kurang 38 km dari Bogor. Jika dari Desa Gunung Sari dapat ditempuh dengan jarak lebih kurang 9 km yang dilan-jutkan jalan setapak lebih kurang 200 meter.




Curug Cigamea
Di kawasan GSE, Curug Cigamea letaknya tak jauh dar jalan menuju ke Pasir Reungit, Kawah Ratu dan menuju Curug Seribu. Panoramanya sangat indah sekali walaupun tingginya tidak melebihi 50 meter. Suasananya terasa alami dan begitu segar untuk dinikmati. Hembusan angin dan ditambah gemericik air akan membuat betah berada di sini.



Curug Luhur
Salah air terjun itu adalah Curug Luhur, berada di daerah Kecamatan Ciomas, Bogor. Ketinggiannya mencapai 624 meter. Curug yang mempunyai dua air terjun yang sejajar ini terletak di Gunung Salak sekitar 70 km di selatan Jakarta. Perjalanan dari areal parkir menuju lokasi curug cukuplah mudah karena sudah disediakan undakan semen hingga ke lokasi. Tak heran jika wisatawan berbagai usia mendatangi curug ini.


Danau Lido
Tempat wisata ini, setiap akhir pekan selalu ramai dikunjungi wisatawan, karena selain tempatnya asyik, juga banyak hiburan dan rekreasi yang bisa dilakukan di danau buatan ini, seperti naik bebek-bebekan yang bisa dikendarai mengitari danau. Atau jika anda bersama rombongan, anda bisa menyewa rakit untuk mengelilingi danau sambil melihat-lihat suasana alam dipinggiran danau. Anda juga bisa singgah di pulau kecil yang ada ditengah danau, untuk sekedar beristirahat sambil memesan makanan. Di kawasan danau terdapat pula hotel berbintang, restoran, tempat jajanan dan kolam renang.


Wisata Agro Gunung Mas
Saat menyusuri jalan raya puncak, tepatnya di kawasan kebun teh, cobalah anda sesekali melihat ke arah perkebunan. Di sana sering terlihat para pemetik teh sedang menjalankan pekerjaannya. Mereka biasanya terlihat di tengah-tengah hamparan kebun teh, walaupun dikejauhan yang terlihat hanya bagian kepala dan topi capingnya saja.


Wana Wisata Curug Panjang
Wana Wisata Curung Panjang atau lengkapnya Curug Panjang - Family Adventure & Camping Site berada di daerah Mega Mendung Puncak Kabupaten Bogor, merupakan tempat wisata yang memadukan keindahan dan kecintaan alam, atau dapat dikatakan sebagai wana rekreasi dan pendidikan. Tempat wisata alam yang sangat cocok sekali untuk rekreasi keluarga, dengan tujuan mengembangkan kecintaan anak-anak terhadap kelestarian alam, dengan langsung berinteraksi secara dekat. Di sini ada keindahan air terjun yang ada di sepanjang sungai, memberikan keistimewaan tersendiri Curug Panjang yang berada di lereng Gunung Paseban, yang mempunyai ketinggian berkisar 1000 meter.


Wisata Alam Riung Gunung
Wisata alam Riung Gunung yang dikenal tempat nongrongnya anak muda yang sekedar beristirahat. Riung Gunung dikelilingi warung-warung penjual berbagai macam makanan seperti jagung bakar, kopi panas dan lain-lainnya yang berlokasi di Cisarua, Puncak, di ketinggian 1400 m dpl. Disini Anda juga bisa menyaksikan atraksi paralayang setiap harinya dengan landasan tidak jauh dan hanya membutuhkan 10 menit yang berada di puncak bukit agrowisata, Gunung Mas.


Kampung Wisata Cinangneng
Kampung Wisata Cinangneng ini membuka kesempatan kepada wisatawan yang ingin berwisata dalam suasana pedesaan, khususnya kepada siswa sekolah, melalui program yang diberi nama “Tour Poelang Kampung”. Di sana anda akan diajari berbagai ketrampilan khas warga desa seperti membungkus nasi timbel, membuat wayang dari daun singkong, belajar tari jaipong, bermain gamelan, atau membuat kue. Tak hanya itu, yang paling mengasyikkan adalah jalan-jalan keliling kampung dan sekaligus “praktek” menjadi warga desa, seperti belajar bermain angklung & menyanyi lagu Sunda, belajar menanam, menggarap atau memanen padi. Ada lagi yang tak kalah serunya adalah memandikan kerbau, bermain ala permainan anak desa dan berkreasi dengan huruf dan warna di atas caping.


Istana Bogor
Istana Bogor memiliki luas areal 28 Ha, didirikan pada tahun 1745 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda bernama Baron Gustaf Willem Van Imhof. Istana Bogormerupakan salah satu dari enam Istana Presiden Republik Indonesia yang mempunyai keunikan tersendiri dikarenakan aspek historis, kebudayaan, dan faunanya. Salah satunya adalah keberadaan rusa-rusa yang didatangkan langsung dari Nepal dan tetap terjaga dari dulu sampai sekarang.


Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor merupakanh sebuah kebun botani besar yang terletak di Kota Bogor, Indonesia. Kebun Raya Bogor didirikan pada tahun 1817 dengan luas areal 87 Ha atas prakarsa Prof. Dr. Reinwadt, seorang ahli botani dari Jerman. Koleksi di Kebun Raya Bogor terdiri dari tanaman tropis dengan jenis tanaman lebih dari 20.000 tanaman yang tergolong dalam 6.000 spesies. Di sekitar Kebun Raya Bogor tersebar pusat-pusat keilmuan yaitu Herbarium Bogoriense, Museum Zoologi Bogor, dan pustaka.


Museum Mobil Motor dan Keramik
Merupakan objek dan daya tarik wisata budaya yang terletak dikawasan Sirkuit Sentul, Kecamatan Babakan Madang. Bagi penggemar mobil dan juga barang keramik antik dapat menyaksikan atau melihat mobil, motor dan barang keramik antik. Di museum ini terdapat mobil dan motor antik seperti mobil merek Austin buatan Inggris tahun 1933 dan mobil yang pernah digunakan sang Proklamator Presiden RI pertama yaitu merek Pacard Custom 2206 buatan Amerika tahun 1948 dan lain-lainnya.


Museum Etnobotani
Museum Etnobotani diresmikan pada tahun 1982 oleh Prof. DR. BJ. Habibie. Didalamnya terdapat 2.000 artefak etnobotani dan berbagai diorama pemanfaatan flora.
Museum Etnobotani, sesuai namanya, adalah sebuah museum yang menggabungkan antara ilmu botani dan berbagai karya budaya etnik Indonesia.


Museum Zoologi
Mau tahu, bahwa museum Zoologi didirikan pada tahun 1894 dengan nama Museum Zoologicum Bogoriensis. Mempunyai koleksi ribuan species binatang mamalia, serangga, reptillia, burung, ikan dan molluska.



Museum Tanah
Museum Tanah ini didirikan pada tanggal 29 September 1988. Museum ini merupakan tempat penyimpanan jenis contoh tanah yang terdapat di Indonesia yang disajikan dalam ukuran kecil berupa makromonolit.



Museum Pasir Angin
Kemungkinan, sejak puluhan ribu tahun atau minimal empat ribu tahun yang lalu pernah ada manusia-manusia Sunda berbudaya mencipta dan menggunakan alat produksi, mendiami bikit-bukit dan sisi-sisi aliran sungai di pulau Jawa bagian Barat. Di musium Pasir Angin yang bertempat diatas situs prasejarah dan sejarah, terkoleksilah berbagai batuan menyerupai mata kampak batu, kapak perunggu hingga topeng terbuat dari lempengan emas yang ditemukan di sekitar batu berdiri di atas bukit kecil yang dililit sungai Ciaruteun sebagai bukti-bukti penguat.


Museum Mobil Sentul 
Selain digunakan sebagai arena balapan, di salah satu sudut dari arena sirkuit ini ada hal menarik buat anda pecinta otomotif. Di salah satu sayap tribun sirkuit Sentul terdapat sebuah museum mobil dan motor dari berbagai jaman dan pabrikan. Di sini anda bisa menemui berbagai macam mobil dan motor klasik dari segala era. Museum yang dibangun pada tahun 2009 ini memiliki koleksi sekitar 60 mobil tua yang diperoleh dari berbagai tempat di Nusantara. Hanya saja, tak seluruh koleksi mobil tua tersebut dipajang di museum ini karena keterbatasan ruang. Oleh karena itu, yang dipajang di museum ini dibatasi 25 unit saja. Sisanya disimpan di bengkel atau di display di tempat lain. Setiap tiga bulan sekali, isi museum dirotasi.


Museum Peta
Museum peta Didirikan pada tahun 1996 oleh Yayasan Perjuangan Yanah Air, dan diresmikan oleh H. M. Soeharto (Presiden RI ke II).Didalamnya memuat 14 Diorama sebagai salah satu bentuk perwujudan dalam perjalanan proses pergerakan kebangsaan terjadi ketika pada tanggal 3 Oktober 1943 bertempat dibekas Kesatriaan tentara KNIL/Belanda, Pabaton Bogor.


Museum Perjuangan
Museum perjuangan didirikan pada tahun 1957 sebagai tempat penyimpanan macam-macam senapan yang digunakan para perjuang kemerdekaan dan terdapat koleksi senapan yang merupakan hasil rampasan dari tentara Jepang dan Inggris






Plaza Kapten Muslihat
Plaza Kapten Muslihat dikenal dengan sebutan Taman Topi karena bangunan-bangunan yang terdapat disana berbentuk topi. Di dalam Plaza Kapten Muslihat terdapat sebuah taman yang diberi nama Taman Ade Irma Suryani, sebelumnya taman ini memiliki namaTaman Kebon Kembang tempat orang berwisata, namun pada tahun 1980-an taman ini berubah fungsi menjadi terminal angkutan kota karena letaknya yang strategis di muka Stasiun Bogor. Taman topi dilengkapi berbagai wahana permainan namun sejak tahun 1994 sampai saat ini (tahun 2007) tempat ini menjadi tidak terawat baik karena dikepung oleh pedagang kaki lima dan angkutan kota.


Setu Gede
Setu Gede Kawasan Setu Gede merupakan suatu kawasan yang masih bernuansa alam pedesaan. Air danau yang membentang lebar dengan latar hutan rindang dilengkapi dengan wisata air.



Gedung Balaikota
Gedung Balaikota Bogor berdiri pada tahun 1950 dengan nama Societeit, bentuk bangunan gaya Kolonial Belanda. Gedung Balaikota telah mengalami renovasi dan penggabungan gaya arsitektur Sunda dan Eropa. Sekarang gedung ini berfungsi sebagai Kantor Pemerintah Kota Bogor.


            
       Mesjid Raya Bogor 
Mesjid Raya Bogor dibangun pada tahun 1970 selesai tahun 1979 dengan arsitek FX. Silaban dilengkapi dengan gedung Pusat Pengembangan dan Pengkajian Islam Bogor dilengkapi dengan sarana perpustakaan umum.



Masjid At-ta’awun
Kemegahan masjid ini tampak jelas dari kejahuan, karena letaknya yang tinggi, diantara pegunungan. Masjid yang dibangun 1997 ini, kini dikelola oleh Yayasan Dharma Bhakti dan pembangunannya diprakarsai oleh R. Nuriana, Gubernur Jawa Barat saat itu. Bagi anda penggemar jagung bakar plus udara segar dengan pemandangan Kota Bogor dari ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut, lokasi wisata Masjid At Ta’awun bisa menjadi pilihanyang layak dipertimbangkan.


Hotel Salak
Hotel Salak didirikan pada tahun 1870-1880 denagn nama Hotel Dibbest. Gedung ini telah mengalami renovasi dan berubah menjadi Hotel Salak. Adapun bentuk bangunannya bergaya kolonial



Rancamaya
Rancamaya Dilokasi Wisata olah raga ini bukan hanya keindahannya saja, tetapi tentunya juga udara segar dan sehat. Tersedia lapangan golf. Bagi kami Rancamaya adalah tempat persembunyian dari hiruk pikuk dan kesibukan kota Megapolitan. Tempat persembunyian yang menyenangkan, indah, bersih dan menentramkan. Tempat dimana kami berdiam di tengah keindahan alam.


Prasasti Batutulis
Prasasti Batu Tulis Batu bertulis ini dibuat semasa pemerintahan Surawisesa (tahun 1521-1535) satu diantara putra dari Prabu Siliwangi Raja Pajajaran. Di komplek Batutulis 54 terdapat 15 buah batu terasit yang terdiri dari 6 buah batu di dalam Cungkup.





Klenteng Hok Tek Bio
Klenteng Hok Tek Bio didirikan pada tahun 1672 dan berfungsi sebagai tempat peribadatan pemeluk agama Konghucu. Klenteng ini merupakan Klenteng pertama di Bogor dan memliki bentuk bangunan bergaya khas China.



Stasiun Bogor
Stasiun bogor Stasiun Kereta Api Bogor berdiri Tahun 1881. Gedung ini memiliki bentuk bangunan khas Belanda. Stasiun Bogor (kode: BOO) adalah stasiun kereta api di Kota Bogor yang dibangun pada tahun 1881. Stasiun yang terletak pada ketinggian +246 M ini memberangkatkan Kereta Rel Listrik (KRL) yang melayani kawasan Jabotabek. Selain itu terdapat pula Kereta Rel Diesel (KRD) yang melayani rute Sukabumi-Bogor bernama Kereta Api Bumi Geulis. Stasiun ini disibukkan oleh Komuter (penglaju) dari Bogor menuju ke Jakarta.


Kebun Durian Warso
Kebun Durian Warso adalah salah satu tujuan agrowisata di Kabupaten Bogor yang sering dikunjungi oleh wisatawan dari Jakarta, Bandung dan daerah lainnya. Letaknya berada di Desa Cihideung, Kecamatan Cipelang. Untuk menuju ke tempat ini bisa melalui jalan alternatif Bogor-Caringin dan dapat ditempuh dari bogor dalam waktu kurang dari satu jam.



Wisata Alam Sentul City   
Sentul City yang berlokasi di daerah Sentul Bogor ini merupakan sebuah kawasan yang memiliki panorama alam pegunungan dan suasana yang tenang jauh dari kebisingan Kota Jakarta. Di wilayah ini terdapat taman budaya, bush trek, ekowisata, Sentul Wonderland dan Alam Fantasia.  Di sini, anda akan melewati hamparan sawah dengan melalui jalan setapak yang berkelok-kelok. Setelah berjalan lebih kurang satu jam, anda pun akan sampai ke air terjun yang airnya begitu jernih. Percikan air yang jatuh seakan mengajak anda untuk turun menginjakkan kaki di genangan airnya.


Eko Wisata Kawah Ratu
Bila Anda menyukai petualangan, alangkah tepatnya pilihan berwisata ke Kawah Ratu, yang terletak di Gunung Salak. Anda akan mendapati suatu keindahan alam yang sulit dikatakan. Kawah Ratu adalah salah satu dari berbagai obyek wisata alam yang dimiliki Gunung Salak.  Kawah Ratu yang terletak pada ketinggian 1.338 meter di atas permukaan laut ini memang menawarkan  kesejukan hawa dingin yang menyegarkan. Suhu yang berkisar antara 10-24 derajat Celcius selalu membuat udara dingin menjadi bagian yang tak terpisahkan dari suasana alamnya. Apalagi bila sore hari maka hujan cukup sering turun.


Goa Gundawang
Bila anda ingin berwisata ke tempat-tempat wisata alam, Gua Gudawang dapat dijadikan pilihan bagi anda yang sedang mencari tempat wisata alam. Gua yang terletak di Kecamatan Cigudeg, Bogor ini dapat ditempuh dari Kota Bogor sekitar 30 km atau setara 1 jam perjalanan dan dapat juga di diakses dari Kota Tangerang melalui ParungPanjang dengan jarak tempuh 60Km atau 2 jam perjalanan. Gua-gua yang terletak di obyek wisata Gua Gudawang merupakan gua alami yang terbentuk dari proses sedimentasi yang terjadi selama ratusan tahun lalu.


 

      Kebun Wisata Pasir Mukti
Satu lagi tempat yang dapat anda kunjungi ketika berkunjung ke daerah Citeureup, yakni Kebun Wisata Pasir Mukti. Tempat ini cocok sebagai tempat tujuan berlibur anda dan keluarga di akhir pekan atau di saat liburan. Selain tempatnya yang sejuk dan rindang, tempat ini juga mudah dijangkau baik bagi warga cinteureup ataupun dari daerah lain diluar citeureup. Kebun wisata agro ini yang ramah lingkungan dengan panorama hamparan sawah di antara kebun buah dan kolam ikan. Terletak diantara desa Tajur, Pasirmukti dan Gunungsari, kecamatan Citeureup, Bogor, Jawa Barat. Melalui wisata agro yang mendidik dan menghibur, kami memberikan pengenalan dan pengetahuan pertanian bagi masyarakat pengunjung khususnya generasi muda Indonesia.




Sirkuit Sentul 
Sirkuit Internasional Sentul adalah sebuah sirkuit balap yang terletak di desa Sentul, Kecamatan Citeureup kota Bogor, Indonesia. Maksud di bangunnya sirkuit ini dahulu, agar sirkuit ini dapat di gunakan untuk ajang balap dunia Formula Satu. Namun pengaruh krisis ekonomi yang melanda, membuat rencana itu gagal meski sirkuit telah dibangun. Saat ini sirkuit yang dengan panjang 4,12 kilometer sering digunakan untuk ajang balap motor nasional, terkadang sirkuit juga menjadi tempat ajang balap mobil Formula 3 tingkat Internasional.


Setu Cikaret
Setu Cikaret merupakan obyek yang tepat untuk bersantai, memancing serta berekreasi air. Situ Cikaret juga dapat memberikan alternatif wisata bagi warga Cibinong dan sekitarnya untuk Lokasinya yang tidak jauh dengan pusat pemerintahan kabupaten ini juga biasa menjadi tempat persinggahan bagi mereka yang sekedar menghabiskan siang ataupun para pelintas untuk beristirahat.


Setu Gedong Cibinong
Jika ingin mencari ketenangan di sebuah danau, Situ Gedong mungkin tepat untuk anda. Di sini panoramanya sangatla indah dan tenang. Airnya sangat bersih dan paling asyik untuk menikmati sunrise atau sunset.



Taman Wisata Matahari
Taman Wisata Matahari terletak di Jalan Raya Puncak Km 77 Cisarua,dimana tempat wisata ini memiliki 25 wahana permainan yaitu kereta gantung, sepeda air, dan arung jeram yang merupakan unggulan di Taman Wisata Matahari dan masi banyak lagi yang lainnya.


Taman Safari
Taman Safari Bogor, Jawa Barat merupakan salah satu dari sekian banyaknya tempat wisata yang populer di Indonesia. Objek wisata ini terletak di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Taman Safari Bogor merupakan objek wisata fauna yang berbeda dan sudah terkenal sampai ke internasional.


Taman Bunga Mel Rimba
Melrimba merupakan salah satu obyek wisata agro yang cukup menarik yang berada di wilayah Puncak. Melrimba ini juga merupakan salah satu produsen tanaman hias terkemuka di Indonesia dengan produk tanaman hiasnya berupa bunga LilyCalla Lily,Anggrek Phalaenopsis, dan Anthurium.


Taman Rekreasi Lido 
Di Taman rekreasi danau Lido terdapat play ground dan berbagai fasilitas lainnya. bagi anda yang gemar memancing terdapat lokasi pemancingan. Di sana juga terdapat perahu air, boat ataupun rakit yang dapat disewa untuk keliling danau atau ke pulau kecil yang ada di tengah danau. Di pulau kecil tersebut anda dapat memesan makanan, jagung bakar atau kelapa muda. Di taman rekreasi Lido terdapat juga restoran terapung. Anda dapat makan di saung-saung yang terapung di atas permukaan air danau. Fasilitas lain adalah flying fox dan berbagai kegiatan olahraga udara seperti terjun payung, aero modeling, paralayang dan swayasa. di sana terdapat landasan pacu sepanjang 850 m. Bagi anda yang ingin bersantai sambil bermain golf juga tersedia lapangan golf. Jika anda berniat menginap juga ada resosrt di taman rekreasi Danau Lido.


Taman Wisata Tirta Sanita
Objek wisata alam ini merupakan pemandian air panas dengan panorama yang indah dan udara yang sejuk. Suguhan pemandangan persawahan yang cukup luas serta panorama pemandangan alam yang rimbun oleh pepohonan semakin menambah ketakjuban kita akan fenomena alam yang jarang ditemui ini. Kandungan kadar belerang yang tinggi di air panas Ciseeng ini sering dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk terapi penyembuhan beberapa penyakit, terutama penyakit kulit dan reumatik. Areal di sekitar air panas ini juga kerap dipakai oleh beberapa wisatawan dengan melakukan aktivitas camping.


Taman Wisata Mekar Sari
Taman Wisata Mekarsari merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar di dunia, khususnya jenis buah-buahan unggul yang dikumpulkan dari seluruh daerah di Indonesia, sekaligus merupakan tempat penelitian budidaya (agronomi), pemuliaan (breeding) dan perbanyakan bibit unggul untuk kemudian disebarluaskan kepada petani dan masyarakat umum.


Taman Rekreasi Gunung Putri
Gunung Putri berbatasan dengan Kota Bekasi di sebelah utara, Kota Depok di sebelah barat, Cileungsi di sebelah timur, dan Citeureup di sebelah selatan. Di sini kita dapat melihat pemandangan pegunungan yang asri dan alami, dengan udara yang sejuk.


Telaga Warna
Di tempat ini wistawan bisa menikmati pemandangan dan mengelilingi danau menggunakan perahu atau rakit. Selain itu, dapat juga melakukan kegiatan rekreasi keluarga sambil bersepeda air. Konon, di Telaga Warna ini hidup dua ekor ikan purba yang menurut kepercayaan masyarakat sekitar masih hidup. Bila ada orang yang mampu melihat ikan tersebut kemungkinan semua cita-cita yang diinginkan akan tercapai. Keistimewaan lainnya, di tempat ini dapat dijumpai beberapa jenis flora asli hutan tropika pegunungan. Tumbuhan-tumbuhan yang dimaksud, seperti Puspa dan Kihiur serta beberapa tanaman tingkat rendah, antara lain Paku Tiang, Rame, dan Rotan. 


Wana Wisata Bedogol  Desa Wates Jaya
Kawasan Bodogol sebagai kawasan konservasi diresmikan pada tanggal 12 Desember 1998. Obyek wisata ini dikenal juga sebagai Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol (PPKB) ini terletak di lereng barat Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.Obyek wisata ini dapat ditempuh kurang lebih 30 menit dari pintu tol Ciawi ke arah Sukabumi. Disini wisatawan dapat melihat berbagai flora dan fauna yang sangat memikat. Disamping itu wisatawan juga dapat mencoba sensasi berjalan diatas jembatan kanopi yaitu jembatan yang terbuat dari tali dan tergantung memanjang di puncak pepohonan. Alamat Ekowisata Bodogol yang juga Pusat Pendidikan Konservasi, terletak di Desa Wates Jaya, Jl. Raya Bogor – SUkabumi Km. 18 Cisempur – Cinagara, Caringin – Bogor.



The Jungle
The Jungle Water Adventure dan biasa disebut The Jungle adalah sebuah tempat rekreasi yang dapat dijadikan sebagai tujuan wisata keluarga serta sebagai obyek wisata edukasi bagi sekolah yang ingin mengadakan rekreasi sambil belajar. The Jungle Water Adventure dibangun di kawasan Perumahan Bogor Nirwana Residence (BNR) dengan latar belakang Gunung Salak . Pemandangannya indah serta udaranya sejuk, menempati area seluas 3 hektar dengan 60 % dari total area merupakan kawasan hijau terbuka di Bogor selatan.


Penangkaran Rusa Giri Jaya
Wana wisata Giri Jaya merupakan obyek wisata Penangkaran Rusa yang berada di bawah pengelolaan Perum Perhutani. Obyek wisata ini terletak di Desa Giri Jaya Kecamatan Tanjung Sari kurang lebih 40 km dari kota Cibinong arah menuju ke Cianjur atau dapat dicapai dalam waktu kurang lebih satu jam perjalanan dari Jakarta.


Wana Wisata Gunung Bunder
Pemandangan kota Bogor pada malam hari jika disaksikan dari Gunung Bunder sungguh fantastis. Sensasinya seperti sedang berada di Hongkong pada malam hari. Letak Gunung Bunder yang berada di ketinggian 830 meter dari permukaan laut, memungkinkan setiap pengunjung dapat menyaksikan kelap-kelip lampu kota Bogor dari lokasi wisata tersebut. Terdapat beberapa tempat wisata yang bisa anda nikmati jika berada di Gunung Bunder, antara lain air terjun Cihurang, Ngumpet, Cigamea, dan Seribu berikut sungai dengan airnya yang segar dan dingin. Pemandangan persawahan dan hutan pinus ala dataran tinggi, serta sebuah kawasan bumi perkemahan yang cukup luas pun siap menjadi tujuan liburan yang menyenangkan.


Wana Wisata Sukamantri
Berkemah di Sukamantri nampaknya memang menyenangkan. Jarak antara lokasi perkemahan dengan areal parkir kendaraan bermotor roda dua/empat hanya beberapa puluh meter saja, yang itu berarti pengunjung bisa membawa perbekalan sebanyak-banyaknya didalam mobil dan mengambilnya sewaktu-waktu saja bila diperlukan. Tentunya isi tenda bisa menjadi lebih lapang dan lega karena tidak perlu menyimpan perbekalan didalam tenda. Tak jauh masuk kedalam hutan pengunjung akan menemukan air terjun yang bernama Suryakencana. Dengan tinggi kurang-lebih 10 meter dan debit air yang tidak terlalu besar, memancing diri untuk sejenak berbasah-basah maupun mandi menikmati dibawah limpahan airnya.


Wana Wisata Cipamingkis
Objek Wisata Cipamingkis dikelola oleh Perum Perhutani. Berbagai tumbuhan ada di sini, khususnya lagi tanaman Pinus. Tentu, lokasi ini sangat potensial sekali sebagai obejk wisata dengan keindahan panorama alamnya serta keberadaan hutannya yang sangat tertata baik. Begitu pula lokasinya sangat setrategis, aksibiltas cukup bagus dan mudah disinggahi kendaraan roda dua maupun roda empat.





       Kasepuhan Cisungsang
Tidak berbeda dengan Kasepuhan lainnya, Kasepuhan Cisungsang pun sampai saat ini masih tetap melestarikan dan menjalankan adat istiadat dan budaya Sunda, yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Padjajaran. Namun Kasepuhan Cisungsang adalah kelompok Pangawinan Guru Cucuk Pangutas Jalan, yang mempunyai fungsi sebagai pembuka jalan (tukang mawa obor) pada waktu Kasepuhan-Kasepuhan lain berpindah tempat.

Kampung Budaya Sindangbarang
Kampung budaya ini berdiri di areal 8600 meter persegi. Memasuki areal perkampungan yang sesungguhnya hanya sepetak dengan tanda jalan yang tidak terlalu besar. Dan ketika kita tiba, kita akan melihat sebuah rumah besar, atau disebut imah gedeyang menjadi bangunan utama  dan bermukimnya ketua adat. terdapat 28 bangunan dengan arsitektur khas Sunda. Disini juga terdapat banyak cagar alam yang dilindungi pemerintah. Cagar alam yang ditawarkan di Kampung Budaya Sindangbarang (KBS) antara lain taman Sri Baginda, mata air Jalatunda, bukit kecil berundak-undak, punden Majusi, punden Surawisesa, punden Leuweung Karamat, batu tapak, menhir, serta beberapa dolmen. 
Bukit Air Resto 
Bagi teman-teman yang suka dengan nuansa persawahan, makan-makan di saung sambil mancing, mungkin ada baiknya berkunjung ke Bukit Air Resto. Alamatnya di Jl Babakan Encle Desa Sukaharja Ciomas-Bogor. Lokasi ini masih baru beroperasi. Oh iya, bagi yang mau nginap tarifnya macam-macam tergantung jenis kamarnya, dari Rp300 ribu sampai Rp700 ribu. Cukup buat nginap 1 keluarga kecil ruangannya. Terkait aksesibilitas lumayan dekat, meluncur aja dari Gunung Batu ke arah Ciomas.

Terbang dengan Paralayang

Kali ini, bagi wisatawan yang ingin menikmati panorama alam Bogor tapi dengan cara yang berbeda, dapat mencoba Paralayang. Bagi Anda yang suka dengan tantangan, cobalah sesekali terbang dengan Paralayang di kawasan Puncak, Bogor. Kita akan dapat melihat pemandangan cantik kebun teh dan panorama sekeliling puncak . Pasti ini tidak bisa anda lupakan.

Berikut adalah alamat dari tempat tujuan wisata yang ada di wilayah Bogor dan sekitarnya :
Daftar Alamat & Nomor Telepon
Objek  Wisata Bogor


No
Objek Wisata
Alamat
Telepon
Harga Tiket
1
Air Panas Gunung Pancar
Karangtengah, Citeureup
-
Rp5.000/org, Rp3.000/mobil
2
Air Panas Gunung Salak Endah
Kecamatan Pamajihan
-
Rp 4.000/org
3
Air Panas Tirta Sanita
Gunung Kapur, Ciseeng
(0251) 8542551, 8542550
Rp6.000 s/d 8.000/org
4
Bumi Perkemahan Citaniang
Kecamatan Cisarua
-
-
5
Bukit Air Resto
Jl Babakan Encle Desa Sukaharja Ciomas-Bogo

Menginap Rp300 ribu sampai Rp700 ribu
6
Curug Nangka
Kecamatan Taman Sari
(0251) 7163120
Rp 4000/org
7
Curug Cilember
Kecamatan Cisarua
-
-
8
Curug Cikaracak
Kecamatan Caringin
-
-
9
Curug Panjang
Kecamatan Mega Mendung

River tracking Rp30.000/org
10
Curug Cihurang
Kecamatan Pamajihan
-
Rp2000/org
11
Curug Luhur 
Desa Gunung Malang Tapos, Tenjolaya
-
-
12
Curug Cigamea
Kecamatan Pamajihan
-
-
13
Curug Seribu
Kecamatan Pamajihan
-
-
14
Curug Ngumpet
Kecamatan Pamajihan
-
-
15
Danau Lido
Kecamatan Cijeruk,
-
-
16
Eko Wisata Gunung Bunder
Kecamatan Pamijahan, Gunung Bunder
-
-
17
Eko Wisata Sukamantri
Kecamatan Taman Sari
-
-
18
Eko Wisata Kawah Ratu
Kecamatan Pamajihan
-
Tiket masuk Rp13.000/org, parkir mobil Rp10.000, Rp5.000
19
Gedung Balaikota
Jl. Ir. H. Juanda No 10
(0251) 8321075
-
20
Giri Tirta Kawah Hitam 
Kecamatan Babakan Madang
-
-
21
Goa Gundawang
Kecamatan Cigudeg
-
Rp2500/org
22
Hotel Salak
Jl. Ir. H. Juanda nomor 8, Bogor
(0251) 350400
-
23
Istana Bogor
Jalan Ir. H. Juanda No. 1
(0251)321001
-
24
Klenteng Hok Tek Bio
Ciampea
-
-
25
Kampung Wisata Cinangneng
Kp. Babakan Kemang, Cihideung Udik,Ciampea
(0251) 621895         Fax. (0251) 621897
-
26
Kebun Raya Bogor
Jl. Ir. H. Juanda No. 13
-
-
27
Kebun Durian Warso
Desa Cihideung, Kec. Cipelang.
-
-
28
Kebun Wisata Pasir Mukti
Jl. Raya Tajur Pasir Mukti Km.4, Citeureup Cibinong
(021) 87943864/65 Fax. (021) 87943866
Rp10.000/org
29
Kasepuhan Cisungsang
Cisungsang, Lebak, Banten
Ime: U_nochi@yaohoo.com
Paket wisata Rp90 ribu
30
Kampung Budaya Sindangbarang
Kampung Menteng, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari
(0251) 9143005
Paket wisata Rp55 ribu hingga Rp90 ribu
31
Musium Pasir Angin
Kecamatan Ciampea
-
-
32
Masjid At-ta’awun
Kecamatan Cisarua
-
-
33
Mesjid Raya Bogor

-
-
34
Museum Mobil Motor dan Keramik
JL. Citeureup Km. 42 Desa Sentul Kecamatan Babakan Madang
-
Rp6.000 s/d Rp7.000
35
Museum Mobil Sentul 
Kecamatan Babakan Madang
(021) 87951130/ 87951112
-
36
Museum Etnobotani
Jl. Ir. H. Juanda No. 24
(0251) 322035
-
37
Museum Zoologi
Jl. Ir. H . Juanda No.09
(0251) 322226
-
38
Museum Tanah
Jl. Ir H. Juanda No. 98
(0251) 32301
-
39
Museum Peta
Jl. Jend. Sudirman No. 35 Sempur.
(0251) 322053
-
40
Museum Perjuangan
Jl. Jalan Merdeka No.56, Kelurahan Cibogor
(0251) 832107
-
41
Panorama Alam Riung Gunung
Kecamatan Cisarua
-
-
42
Prasasti Batu Tulis Ciaruteun
Kecamatan Cibungbulang
-
-
43
Plaza Kapten Muslihat
Jl. Kapten Muslihat PlazaTaman Topi Bogor No.51
(0251) 8379169
-
44
Rancamaya
desa Rancamaya, bogor
-
-
45
Sirkuit Sentul 
Kecamatan Babakan Madang
(021) 87951080/82         Fax. 87951142
-
46
Situ Gedong Cibinong
Kecamatan Cibinong
-
-
47
Situ Cikaret
Kecamatan Cibinong
-
Tiket perahu Rp15.000
48
Situ Gede
Desa Situ Gede Kec.Bogor Barat
-
-
49
Stasiun bogor

-
-
50
Taman Wisata Mekar Sari
JL. Raya Cileungsi Jongol  Km. 3 Bogor 16820 Kec. Cileungsi 
(021) 8231811       Fax: (021) 8231811
Rp15.000/org
51
Taman Safari Indonesia
Jl. Raya Puncak No. 601 Cisarua Bogor
(0251) 250000
-
52
Taman Rekreasi Gunung Putri 
Desa Gunung Putri Kec. Gunung Putri
-
-
53
Taman Wisata Tirta Sanita
Jl. Raya Gunung Kapur Ciseeng-Parung
(0251) 542550
-
54
Taman Wisata Matahari
Jl. Raya Puncak Km.77, Cisarua
-
Rp3000 s/d Rp15.000 untuk permainan
55
Taman Bunga Mel Rimba
Jl. Raya Puncak Km. 87 Cisarua
(0263) 523204/06 Fax. (0263) 512805
Rp3000/org
56
Taman Rekreasi Lido 
Kecamatan Cijeruk
Telp/Fax (0251) 8224963
Rp5000/org
57
Telaga Warna
Kecamatan Cisarua
-
Rp2.000/org
58
The Jungle
Jl.Bogor Nirwana Boulevard Bogor Nirwana Residence Dreded - Pahlawan Bogor
(0251) 8212666
Rp30.000 s/d Rp50.000
59
Wisata Agro Gunung Mas
Jl. Raya Puncak Km. 87
(0251) 252501 Fax.(0251) 154803
-
60
Wisata Petualangan Alam Norman Swandiri
Jongol, Kec. Babakan Madang
(021) 9173208
-
61
Wisata Alam Sentul City
Sentul Bogor
-
-
62
Wisata Agro Kapol
Desa Pasir Jaya Kec. Jeruk
-
-
63
Wisata alam Riung Gunung
Cisarua, Puncak
-
Rp1000 s/d Rp1500/org
64
Wana Wisata Bedogol  Desa Wates Jaya
Jl. Raya Bogor Sukabumi Km. 18 Cisempur, Cinagara, Caringin Bogor
(0251) 224742
-
65
Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya
Kecamatan Tanjung Sari
-
Rp2500/org
66
Wana Wisata Pencawati
Kecamatan Caringin
-
-
67
Wana Wisata Cipamingkis
Desa Wargajaya,Kecamatan Suka Makmur
-
-
68
Wana Wisata Curug Cisureun
Kecamatan Cisarua
-
-
Diolah dari beberapa sumber

1 comment:

  1. mantabss info nya kang aries.......hatur nuhun

    ReplyDelete

BOGOR HERITAGE Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Template images by Bim. Powered by Blogger.