4 Alasan Kawasan Wisata Puncak Masih Tetap Salahsatu Favorit

Tempat-tempat wisata di Indonesia terus bermunculan, di tahun 2017, tidak kurang dari 30 tempat wisata baru diperkenalkan pada masyarakat Indonesia terutama di media sosial yang dapat berbagi foto seperti Instagram atau Facebook.

Jika di awal-awal tahun 90-an hingga awal 2000-an Bali masih menjadi primadona wisata Indonesia, kini seiring dengan perkembangan zaman, tempat wisata kian meluas hingga ke seluruh pelosok Indonesia. Hal ini terjadi karena masyarakat mulai dibukakan matanya oleh beberapa acara di televisi atau video-video di Youtube tentang keindahan panorama di Indonesia.

Kini akses menuju tempat wisata semakin mudah, tempat wisata alami seperti air terjun Tama’lulua; Pulau Kelor; Camoi Aek Biru; atau wisata buatan seperti Atlantis Land Surabaya dan Kampung Warna-Warni Jodipan menjadi lebih mudah untuk dijangkau karena infrastruktur semakin baik demi meningkatkan ekonomi di daerah pariwisata tersebut.

kawasan wisata puncak bogor

Meski begitu, kejadian miris kerap terjadi pada kawasan wisata yang tidak dapat mempertahankan daya tariknya di tengah kompetisi yang terjadi. Namun tidak begitu dengan kawasan wisata Puncak, Bogor. Tidak peduli hujan atau angin, di musim liburan kawasan Puncak selalu dipenuhi oleh pengunjung. Pada liburan tahun baru 2018, ribuan mobil yang berasal dari berbagai daerah memadati jalanan menuju Puncak.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Kenapa wisata Puncak masih terus diminati oleh masyarakat Indonesia?

  1. Relatif Dekat dengan Kota Besar

Lokasi kawasan wisata Puncak berada di tempat yang strategis karena diapit oleh dua kota besar yaitu Jakarta dan Bandung. Orang-orang di kota besar kebanyakan adalah pekerja yang tidak punya waktu libur yang banyak, oleh karena itu ketika musim liburan seperti tahun baru atau natal, banyak orang yang menyempatkan waktu berlibur ke tempat yang relatif dekat dari tempat asalnya seperti Puncak. Dengan begitu mereka masih bisa berlibur meski hanya sebentar dan harus segera kembali bekerja setelahnya.

  1. Fasilitas dan Infrastruktur yang Memadai

Puncak telah dikenal oleh masyarakat Indonesia terutama yang ada di Bandung dan Jakarta dari sejak tahun 70-an. Sejak saat itu pembangunan di kawasan Puncak terus dilakukan dan banyak fasilitas-fasilitas diperbaharui untuk kenyamanan para pengunjung tempat wisata. Pembangunan vila dan rumah singgah, serta restoran dan warung-warung kopi di sekitar wilayah Puncak menjadikan tempat ini salah satu tempat favorit nongkrong anak muda.

wisata malam di kawasan puncak

  1. Cuaca dan Suasana yang Nyaman

Puncak terletak di dataran tinggi yang membuat cuaca di sana sejuk dan segar. Untuk orang-orang yang tinggal di kawasan panas seperti Jakarta, Puncak akan menjadi tempat singgah yang cocok untuk menyegarkan diri dari hiruk pikuk perkotaan. Apalagi untuk orang-orang yang sedang bulan madu tapi belum punya waktu banyak untuk berlibur jauh, Puncak biasanya jadi tempat favorit memadu cinta.

  1. Wisata Esek-Esek

Selain fasilitas dan infrastruktur yang baik, ternyata ada wisata lain yang menjadi daya tarik kawasan wisata Puncak. Banyak tempat-tempat singgah seperti penginapan, hotel, atau vila yang disewakan di daerah ini tapi lebih dari itu, untuk menarik minat pengunjung, para pemilik bisnis juga menawarkan ‘servis’ lebih. Mereka menyediakan jasa ‘teman’ menginap untuk mereka yang membutuhkan kehangatan di dinginnya cuaca puncak.

Tidak sulit menemukannya karena biasanya ketika kamu mencari penginapan, para calo di sekitar sana juga akan langsung menawari kamu ‘teman’ yang bisa kamu sewa semalaman. Harga bisa beragam, tergantung negosiasi dengan calo tersebut.

PSB Bogor : Kisah Perjuangan Si Mantan Juara

Namanya mulai bersinar ketika berlaga di Piala Suratin pada awal tahun 90-an. Meski jatuh bangun dan beberapa kali tumbang, PSB Bogor pantang menyerah dan akhirnya berhasil menjadi juara di tahun 1992 setelah juara bertahan Persikasi Bekasi dipaksa menyerah oleh Laskar Pakuan, sebutan bagi PSB Bogor, di semifinal. Di babak final, Skuad Bogor sukses menaklukan PSIM, tim finalis dari Yogyakarta dengan skor 2-0 untuk kemudian keluar sebagai juara.

Persatuan Sepak Bola Bogor mempertahankan posisi juara Piala Suratin untuk periode berikutnya, meski kemudian harus kembali mengakui keunggulan Persikasi di tahun 1994 yang menjadikan Persikasi sebagai tim tersukses dengan 5 kali kemenangan di Piala Suratin. Namun begitu, PSB membuktikan jika bisa bangkit dan memenangkan kembali Piala Suratin di periode berikutnya tepatnya pada tahun 1995.

psb bogor 1990an

Pernah Bercokol di Papan Atas Sepak Bola Indonesia

Meski sekarang ini PSB hanya bermain di kasta ke-3 atau yang dikenal dengan Liga Nusantara tetapi sang Manajer Tim, Lukman Manualang, mengungkapkan keyakinannya terhadap PSB yang akan kembali mencicipi liga papan atas Indonesia.

Hal ini dinyatakan oleh Manualang ketika diwawancarai menyoal pemerintah Bogor yang tidak memasukan PSB Bogor ke dalam rencana anggarannya. Perlu diketahui jika PSB terhitung pemain amatir karena masih bermain di Liga Nusantara, oleh karena itu PSB Bogor berhak menerima bantuan dana dari pemerintah untuk kepentingan kemajuan klub.

Mengenai hal itu Lukman tidak ingin terlalu mempersoalkan dan tidak akan membiarkan anak asuhnya manja hanya karena tidak mendapatkan sokongan dana dari pemerintah. “Jangan jadi manja karena tidak didanai APBD lantai tidak ikut kompetisi. Masyarakat banyak yang mendukung PSB Bogor”, ucapnya.

Tingkat amatir tidak menjadikan persaingan dalam per-sepakbola-an menjadi lebih longgar, terlebih lagi jika harus bertahan dengan dana yang minim dan seadanya. Oleh karena itu pihak PSB Bogor harus kerja keras untuk mencari dana dari sponsor demi kelangsungan hidup klub kesayangan warga Bogor ini.

kondisi stadion padjadjaran - akan direnovasi

Untungnya PSB Bogor memiliki pendukung dan pemain yang sangat loyal terhadap klub. Beberapa pemain seperti Anwar Hidayat, Sakson, dan Rizki Lesmana sempat ditawari oleh PSKC Cimahi yang saat ini dilatih oleh mantan pelatih PSB sendiri, Robby Darwis, namun mereka bersikukuh untuk tetap bertahan bersama PSB Bogor walaupun di sana mereka bisa mendapatkan penghasilan yang lebih pasti.

“Kalau saya menerima bayaran lancar tapi tidak nyaman bagaimana?” Ucap salah satu punggawa Laskar Pakuan ketika mengungkapkan bahwa bermain sepak bola tidak melulu soal uang tapi juga soal kenyamanan. Tidak hanya pemainnya, para suporter yang tergabung di bawah nama BB Troopers atau Bogor Biru Troopers juga sangat mendukung tim kesayangannya dengan turun ke jalan dan mengajak masyarakat untuk menyisihkan uang mereka guna membantu keuangan PSB Bogor.

Sempat Dipenuhi Pemain Bintang

Di masa jayanya PSB sangat diagung-agungkan oleh para suporter, tidak hanya yang berasal dari Bogor tapi juga dari pelosok wilayah Indonesia lainnya. Setidaknya tim ini pernah jadi andalan para agen taruhan bola selama beberapa periode dan menumbangkan banyak klub sepakbola ternama di zamannya.

Nama-nama seperti Ellie Aiboy dan Tugiyo pernah merumput dan membela PSB Bogor melewati susah dan senangnya. Bahkan pemain asing asal Kamerun seperti Bako Saddissou juga sempat menyandang kostum biru milik PSB Bogor. Semua bisa terjadi selama bola masih bundar, begitu juga nasib PSB Bogor. Jangan patah arang, terus berjuang!

Prasasti dan Istana Batu Tulis – Sejarah yang (Hampir) Terlupakan

Sangat disayangkan memang jika kita melihat bagaimana banyaknya tempat wisata sejarah tidak terlalu ramai dikunjungi. Kalaupun dikunjungi, biasanya oleh murid-murid sekolah yang sedang darma wisata ataupun oleh orang-orang yang memang menggemari sejarah. Padahal, negara Indonesia ini memiliki banyak sekali wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi agar kita selalu ingat identitas diri kita sebagai warga negara dan bagaimana negara ini bisa menjadi sekarang ini. Salah satu tempat wisata sejarah yang mulai terlupakan merupakan Prasasti dan Istana Batu Tulis yang terletak di kota Bogor.

istana batutulis bogor

Prasasti Batu Tulis ini merupakan bagian dari sejarah langsung kota Bogor. Letaknya berada di kelurahan Batu Tulis, Kecamatan Bogor Selatan dan bisa dijangkau dengan mudah. Anda bisa naik angkutan kota nomor 03 dari Stasiun kota Bogor jurusan BS ke Bubulak dan turun di pertigaan Ciomas. Dari sana Anda pindah naik angkutan nomor 14 jurusan Pasir Kuda ke Laladon dan Anda bisa turun di depan Istana Prasasti Batu Tulis.

Pada jaman dahulu kala, prasasti ini berada di tempat yang sangat sepi, hening dan berkabut. Orang-orang setempat menganggap lokasi tersebut merupakan sarang harimau yang kemudian memunculkan semacam mitos yang menghubungkan dengan Kerajaan Pajajaran yang sudah musnah dengan harimau. Kompleks pendopo prasasti Batu Tulis sendiri memiliki luas sekitar 15 x 17 meter dan lokasi ini belum berpindah dari jaman dahulu. Artinya, keberadaan prasasti tidak berpindah tempat sejak dibuat.

tempat prasasti batu tulis bogor

Paling tidak belum ada bukti bahwa situs prasasti tersebut pernah dipindah lokasinya. Dan hal ini pulalah yang menjadi cikal bakal nama desa lokasi situs prasasti ini. Selain Batu Prasasti, terdapat banyak benda-benda lain yang merupakan peninggalan Kerajaan Sunda. Jika Anda melihat prasasti Batu Tulis, Anda akan menemukan sebuah ukuran kalimat-kalimat yang ditulis dalam bahasa serta aksara Sunda kuno. Menurut penelitian, prasasti ini dibuat pada tahun 1553 atau 1455 Saka.

Menurut sejarah, ada seorang pria asal Belanda yang diutus untuk melakukan ekspedisi dan membuka daerah pedalaman. Nama orang tersebut adalah Scipio. Ketika berada di lokasi prasasti, Scipio sangatlah kagum dengan bagaimana penduduk setempat sangat khidmat dalam menjaga lokasi. Bahkan dirinya tidak diperbolehkan memasuki area situs prasasti dengan alasan dirinya bukanlah orang islam. Sangat jelas sekali bagaimana penduduk setempat menganggap lokasi tersebut sebagai titik yang keramat. Menurut mereka, tempat tersebut merupakan singgasana raja Pajajaran.

prasasti batu tulis di bogor

Lalu apa yang menjadi isi dari tulisan yang terukir dalam prasasti Batu Tulis? Dikisahkan menurut sejarah, prasasti yang dibuat pada tahun 1533 tersebut dibuat oleh Prabu Surawisesa. Prabu Surawisesa merupakan anak dari Prabu Siliwangi yang merupakan Raja Pajajaran yang memimpin dari tahun 1482 sampai 1521. Prabu Siliwangi sendiri dikenal sebagai raja yang sangat sakti dan memiliki banyak gelar seperti Sri Baduga Maharaja Ratu Haji di Pakuan Pajajaran Sri Sang Ratu Dewata. Di dalam prasasti terdapat tulisan Prabu Surawisesa untuk memperingati kehebatan sosok seorang Prabu Siliwangi. Dan dipercaya juga bahwa Prabu Surawisesa membuat prasasti tersebut sebagai bentuk penyesalannya karena tidak berhasil menjaga keutuhan kerajaan akibat kalah perang dengan kerajaan Cirebon.

Selain tulisan Prabu Surawisesa, di area kompleks prasasti juga terdapat beberapa batu lainnya. Ada batu yang memiliki cap tapak kaki dan juga tapak lutut Prabu Siliwangi. Menurut legenda, meskipun kerajaan Pajajaran musnah, sang raja, Prabu Siliwangi yang sakti mandraguna berhasil melarikan diri dan belum meninggal sampai sekarang. Inilah kenapa ada beberapa orang yang mengaku melihat berbagai kejadian supranatural di area kompleks seperti sinar biru yang turun dari langit yang dipercaya sebagai jelmaan Prabu Siliwangi yang datang kembali.

2 Kuliner Mie Enak dan Unik di Bogor

Hello, sobat-sobat traveler!

Udah wiken lagi nih! Tau dong apa artinya? Yup, waktunya jalan-jalan dan makan-makan enak nih gaes. Ganti suasana dari rutinitas kamu untuk ngembaliin energi dan semangatmu yang abis terkuras selama satu minggu. Untuk kamu yang ngambil lemburan baik kerja atau kuliah, plis deh… Jangan nyiksa diri. Hehee….

Bagaimana kalau sekarang kita review tempat wisata yang ada di Kota Bogor? Lho, kenapa Bogor? Karena kota ini paling deket dari Jakarta dan kamu pasti ga nolak kalo diajak ke Bogor. Yang udah pernah wisata ke Bogor, udah ke mana saja? Dari semua tempat yang ada, kamu paling suka ke mana?

Di kota ini, hal yang pertama kamu temuin adalah curug. Sebut deh nama-nama curug di sini. Banyak gaess… Ada Curug Cilember, Curug Nangka, Curug Luhur, Curug Bidadari dan lainnya. Ada kali seribuan seperti nama salah satu curug yaitu Curug Seribu, hehehe… Selain itu, kamu yang suka dengan olahraga menantang bisa terpuaskan di sini karena ada banyak bukit dan gunung yang bisa dijelajahi.

Salah satu gunung yang terkenal adalah Gunung Gede Pangrango. Gunung ini sering dijadikan rute untuk sobat traveller yang senang mendaki.  Kalau kamu mau bermalam di kota yang sejuk ini, jangan kuatir. Ada banyak penginapan murah seperti villa yang bisa kamu temukan di sepanjang jalan Bogor. Tinggal dipilih deh mau nginep di mana dan seperti apa.

Kota Bogor juga identik dengan wisata kuliner. Salah satunya yaitu kuliner dari mie yang enak dan unik. Mampir yuk, ke tempat-tempat ini.

Warung Mie Hotplate Odon (WHO)

hidangan mie hotplate odon

Tempat ini cocok banget buat kamu yang doyan mie pedas. Tempatnya unik pake  hotplate yang bikin mie ini tersaji panas dan cocok dah dimakan di daerah Bogor yang dingin. Rasa pedasnya bisa kamu request lho. Ada level 1 sampai level 5, tergantung kemampuan menahan rasa pedasnya, hahaa…. Mienya sendiri mirip mie ayam dengan topping daun bawang, daging ayam suwir dan pangsit goreng (aku suka banget ma pangsit gorengnya…ehhh). Yang bikin beda di kuahnya yang kental dan pilihan topping tambahan seperti bakso, keju, dan ceker yang dijamin bakal bikin kamu kenyangnya pol. Lazissss!

warung hotplate odon - tanah sareal bogor

Tempatnya gampang banget dicari. Ada di Jl. Kesehatan, Kec. Tanah Sareal, Bogor persis di belakang area GOR Padjajaran. Bukanya cukup lama gaess, dari jam 10 pagi hingga 11 malam. Nikmati kelezatan dan sensasi pedas mie hotplate odon ala Bogor.

 

Mie Janda

mie janda bogor - ungu

“Ada keberkahan di balik kelezatannya.” Slogannya keren ya! Kamu bakal nemuin slogan itu di spanduk di depan warung ini. Sebenarnya, nama Janda itu merupakan singkatan, lho. Kepanjangannya “Jawa Sunda.” Hihi Lucu, ya? Jadi mikir kemana-mana kan? Top deh yang bikin nama, bikin orang penasaran.

lokasi mie janda bogor

Nama menu mienya pun pake kata Janda. Ada Mie Janda Kembang, Mie Janda Tajir, Mie Janda Kaya dan masih banyak lagi. Haha. Ada-ada aja, ya namanya.  Yang paling favorit di sini dan jadi mie khasnya Kota Bogor adalah mie Janda Kaya yang ga lain adalah mie campur plus pangsit dan bakso. Warung ini ada di Jl. Mayor Oking, Kel. Ciriung, Kec. Cibinong, Bogor.  Mau makanan yang lezat dan berkah? Ke sini aja!

Sebenarnya masih banyak tempat makan mie yang asik di Bogor. Tapi dua ini dulu deh. Yang ini aja belum tentu kamu samperin kalo kamunya hobi lembur. Heheee…